Tugas Human Resources Development (HRD)
Apakah Tugas Utama Human Resources Development (HRD) Perusahaan?
Mengemban tugas dan amanah dalam posisi HRD
di suatu perusahaan memiliki tantangan tersendiri berhubungan dengan tugas-tugas
dan tanggung jawabnya. Baik itu ketika seseorang diposisikan sebagai manajer
HRD atau berposisi sebagai staf timnya. Semua posisi tersebut pasti memiliki
karakteristik tanggung jawab sendiri, yang berbeda dengan divisi atau
departemen lainnya. Dalam satu departemen HRD , kerja sama merupakan hal yang
penting, karena merupakan suatu tim kerja yang tidak lepas antara satu dengan
yang lainnya.
Apakah tugas utama HRD perusahaan, berikut ini uraiannya :
1. Membuat kebijakan
Departemen HRD bertindak dan
bertugas mengumpulkan informasi, menentukan solusi terhadap masalah yang ada
dan memberikan panduan dalam memberikan solusi dari masalah yang dihadapi
perusahaan. Peran HRD juga bertanggung jawab mengenai staffing, evaluasi
kinerja pegawai, program latihan dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Dalam hal
ini departemen sumber daya manusia menyediakan masukan yang membantu para
manajer untuk mengambil keputusan dan kebijakan.
2. Bertanggung jawab mengelola dan
mengembangkan sumber daya manusia
Dalam hal ini termasuk
perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan
kualitas sumber daya manusia. Menciptakan program pelatihan dan pengembangan
yang efektif bagi karyawan baru maupun yang sudah ada, memperkirakan kebutuhan
perusahaan dan mengevaluasi efektivitas program tersebut.
3. Membuat sistem HRD yang efektif dan efisien
HRD bertanggung jawab pula
dalam membuat SOP suatu posisi pekerjaan, job description, training and
development system.
4. Bertanggung jawab penuh dalam proses
rekrutmen karyawan
HRD berwenang dalam merekrut
staf dan karyawan yang diperlukan oleh suatu perusahaan. Tahapan yang dilakukan
mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi, sehingga
mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh
perusahaan.
5. Melakukan seleksi, promosi, transfering dan
demosi pada karyawan yang dianggap perlu
Jika seorang karyawan dianggap
berprestasi, maka peran HRD bisa melakukan promosi jabatan kepada orang
tersebut. Yang pasti pelaksanaannya harus dilakukan dengan cara yang adil dan
profesiona, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dalam menentukan posisi
seseorang sesuai keahliannya. Peran HRD juga dalam hal pembuatan laporan
rekapitulasi mutasi, promosi dan status karyawan (tambahan anak, menikah,
berhenti).
6. Melakukan kegiatan pembinaan dan pelatihan
Peran HRD juga bertanggung
jawab dalam merencanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan
kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai
dengan standar perusahaan.
7. Bertangggung jawab pada hal yang
berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
Menginput data karyawan dan ke
sistem agar semua terdata dengan baik, termasuk di dalamnya sistem penggajian,
bonus dn tunjangan yang akan diberikan kapada karyawan. HRD bertanggung jawab
mengembangkan struktur gaji yang baik serta mengontrol absensi karyawan.
8. Membuat kontrak kerja karyawan serta
memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
Menyiapkan perjanjian kerja
dan kontrak kerja karyawan serta mengupdate masa berlakunya kontrak kerja.
9. Melakukan tindakan disipliner pada karyawan
HRD berperan dalam mengatur
tindakan disipliner pada karyawan yang bersalah melanggar aturan sesuai dengan
kebijakan yang berlaku di perusahaan.
Apakah tugas utama HRD perusahaan itu sama antara
satu perusahaan dengan yang lainnya. Jawabannya mungkin akan berbeda karena
kebijakan yang berlaku juga berbeda antar perusahaan.
Comments
Post a Comment